Tingkatkan Kemampuan Analisis Data di Kalangan Dosen

SahabatRiau
0
Untuk memberikan pelayanan prima dalam proses pembelajaran terutama bimbingan tugas akhir mahasiswa di IAI Tafaqquh Fiddin, LP2M lakukan peningkatan kemampuan analisis data. Pelatihan dipandu langsung ketua LP2M, Dr. H. M. Rizal Akbar.

Pendekatan kuantitatif dalam metodologi dijelaskan kembali oleh Rizal secara gamlang dengan menghadirkan contoh angket serta tabulasi data penelitian. Sesi selanjutnya, Rizal langsung mempraktekan penggunaan alat analisis SPSS 21. Analisis Multipel Regresi dijelaskannya tahap demi tahap, sehingga sampai pada pembacaan hasil output analisisnya.

Selain SPSS, rizal juga memperkenalkan model Struktur Eqution Model (SEM). Menurutnya SEM, penting dikenali oleh para dosen terutama untuk penelitian yang mereka lakukan dalam memenuhi beban tridarma nya. Sementara untuk mahasiswa terutama kajian pendidikan, ekonomi dan sosiologi hukum, pendekatan kuantitatif sangat membantu mahasiswa dalam memahami kaidah penelitian. Sehingga para dosen diharapkan mampu membimbing mereka dengan baik.

Pelatihan analisis data penelitian ini diikuti oleh 15 orang dosen, yang dilaksankan pada Selasa (14/2/16). di kampus IAI Tafaqquh Fiddin Dumai. Pelatihan akan dilanjutkan nantinya untuk para mahasiswa yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk tugas akhir. (am)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)