Dorong Percepatan Skripsi Mahasiswa, IAI TaFiDu Kembali Laksanakan Worksshop SPSS

SahabatRiau
0
Bertempat di ruang pertemuan IAI Tafidu pada Sabtu (11/3/17) workshop pengolahan data berbasiskan SPSS dilaksanakan. Dr. H. M. Rizal Akbar, M.Phil selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAI Tafidu, langsung bertindak sebagai instruktur pada workshop kali ini.

Sebanyak dua puluh orang peserta terlihat antusias mengikuti workshop tersebut sejak pukul 8,30 sd 16,00 wib. Berbeda dengan sebelumnya, pada workshop kali ini peserta diharapak langsung dapat mengoprasionalkan SPSS dalam menganalisis data untuk kepentingan penulisan skripsi mereka masing-masing, tutur Meldian (ketua panitian workshop). Menurutnya peserta yang mengikuti workshop ini adalah mereka yang sudah menyelesaikan kuliah Metodologi Penelitian. Sebenarnya banyak yang mendaftar untuk mengikuti workshop namun kami hanya mebatasi 20 orang untuk satu kali pelatihan. Nanti kami akan laksankan lagi sesi berikutnya, untuk itu bagi rekan-rekan mahasiswa yang belum mengikuti dipersilakan untuk mendaftar kembali di Pusat Pelayanan Terpadu (P2T) IAI Tafidu tegas Meldian.

Sementara itu Rasyidi, M.Pd.I wakil rektor bidang akademik IAI Tafidu menegaskan bahwa workshop ini merupakan kegiatan rutin. Mahsiswa semester akhir diwajibkan untuk mengikuti workshop ini. Kebijakan ini dilaksankan karena IAI Tafidu sangat menekankan penelitian kuantitatif untuk mahasiswa dalam penulisan tugas akhir skripsi, terutama di Fakultas Tarbiyah, Ekonomi Islam dan sebagian mahasiswa di Fakultas Syariah. Menurut Rasyidi, bukan tidak beralasan mengapa kami membuat kebijakan itu, kami berharap dengan penekanan pada metode kuantitatif akan sangat memungkinkan skripsi mahasiswa lebih mudah diukur tingkat kevalidannya. Disamping itu, mahasiswa lebih mudah memahami kaidah penelitian, sehingga dengan memahami metode kuantitatif yang didukung oleh analisis mengunakan SPSS  tentu untuk melanjutkan kejenjang S2 bahkan S3 sekalipun mereka sudah tidak kesulitan lagi. (am)

Catatan : materi workshop dapat di download disini


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)